Nah Poin Pemeriksaan Mobil Usai Mudik, Apa Saja?

Perjalanan mudik yang habiskan waktu berjam-jam sampai hingga ke kampung halaman mewajibkan pemudik untuk kembali memeriksa situasi kendaraan pribadinya, supaya masih sempurna sesudah mudik selesai.

Dikutip otosia.com, gerai penjualan sukucadang serta perawatan mudah kendaraan Shop&Drive memberi beberapa strategi berkaitan kontrol mobil selesai dipakai mudik.

Shop&Drive mengaplikasikan 11 point kontrol yang bisa menolong serta mempermudah pemudik untuk mengecek kendaraannya sesudah lakukan perjalanan jauh:

1. Oli mesin, transmisi, gardan

Mobil yang dipakai saat mudik tentu saja sudah alami gesekan antar elemen. Memeriksa sampai ganti oli mobil sesudah lakukan perjalanan mudik salah satu langkah untuk menghadapi beberapa hal yang tidak diharapkan sesudah situasi perjalanan.

2. Kelistrikan serta air aki

Penting lakukan penelusuran kelistrikan sesudah lakukan perjalanan mudik, sebab dengan demikian kita bisa tahu besarnya arus yang masuk, sampai ada atau tidaknya kebocoran arus yang bisa membuat aki tidak bisa menaruh listrik dalam tempo yang lama. Air aki pun tidak bisa lepas dari penelusuran sebab bila kering akan mengakibatkan kerusakan elemen lain di kendaraan.

3. Filter hawa dibikin bersih

Filter hawa penting untuk dibikin bersih untuk menahan tarikan mesin menyusut, bahan bakar lebih boros, suara mesin kasar, serta mesin ngadat.

4. Desakan angin

Penelusuran desakan angin bisa menahan ban pecah dengan mendadak. Diluar itu sesudah perjalanan mudik selesai, desakan angin yang sesuai dengan bisa jaga jarak pengereman yang lebih baik, membuat konsistensi mengemudi pada kecepatan tinggi atau kelokan, ketahanan ban yang lebih baik, serta dapat mengirit bahan bakar.

5. Air radiator

Peranan air radiator begitu penting pada skema pendinginan mesin untuk jaga elemen radiator supaya tidak kekurangan air, yang mempunyai tujuan untuk menahan mesin panas atau overheat, karena itu janganlah meremehkan elemen ini.

6. Situasi wiper blade

Wiper perlu penelusuran teratur lihat manfaatnya yang penting untuk bersihkan kaca mobil dari semua kotoran yang melekat supaya pandangan pengemudi jernih serta tidak terusik.

7.Shock absorber

Shock absorber adalah elemen pada kendaraan yang berperan untuk menyerap guncangan yang muncul waktu kendaraan melalui gundukan atau lubang, ditambah lagi di jalanan yang tidak dapat disangka pada perjalanan mudik. Oleh karena itu, butuh dikerjakan penelusuran supaya pengemudi tetap rasakan nyaman sesudah lakukan perjalanan selesai mudik.

8. Minyak rem serta minyak kopling

Rem adalah hal yang penting sepanjang berkendara, karena itu butuh dikerjakan penelusuran khususnya pada minyak rem, sebab minyak rem yang kotor bisa turunkan manfaat kerja rem. Diluar itu, minyak kopling juga tidak bisa diacuhkan dari penelusuran sebab jika minyak kopling bocor, mobil pun tidak akan mempunyai desakan yang cukup untuk mengimplementasikan kopling serta mengalihkan gigi transmisi.

9. Filter oli serta AC

Filter oli yang berperan untuk menyaring kotoran pada oli tidak bisa lepas dari penelusuran sesudah lakukan perjalanan mudik, supaya perlindungan oli pada mesin kerja optimal dan membuat mesin tertangani. Bukan sekedar itu, filter AC harus dicheck agar menyaring hawa kotor yang bisa memunculkan penyakit dalam periode panjang.

10. Skema penerangan serta lampu

Lalu cek situasi lampu mobil apa masih wajar dipakai kapal pelni ataukah tidak. Walau kelihatan remeh, lampu penting atau lampu sein mempunyai makna khusus di perjalanan. Check kembali skema kelistrikannya, khususnya sambungan kabel serta situasi kabel, dan bohlamnya.

11. Semir ban

Dengan menyemir ban mobil dengan teratur, akan menolong bersihkan ban dari kotoran yang membandel, membuat ban terlihat seperti baru sesuai dengan warna karet ban asli, serta tentunya bisa memberi perawatan supaya ban masih terbangun elastisitasnya hingga situasi ban masih baik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *